Selasa, 11 Juni 2013

I Really Miss You

Kalau boleh jujur, ini adalah posting yang saya ketik sambil... menangis. Hahaha, betapa cengengnya saya. Tapi cengeng saya beralasan kok. Dan alasan itu tak perlu dituliskan juga di sini.

Bulan Ramadhan sebentar lagi dan... Ramadhan kali ini saya lewati tanpa kakek saya yang kerap saya sapa eyang. Yang saya rasakan kali ini adalah ingin berziarah ke makamnya dan menangis sepuas-puasnya. Memang sudah kodrat bahwa setiap orang akan kembali kepada Sang Pencipta dan yang ditinggalkan pun harus ikhlas. Pertanyaannya apakah saya sudah ikhlas? Harus. Saya harus ikhlas walaupun butuh proses entah berapa lama. Mungkin banyak yang akan saya ceritakan kepada beliau jika beliau masih hidup. Dan saya sangat ingin berkata seperti ini kepada beliau. "Eyang, Reicka berhasil menjadi guru." Iya, seperti yang eyang selalu bilang ketika saya pamit berkunjung ke rumah beliau. "Baik-baik ya Reicka. Semoga cita-citanya tercapai jadi guru." Dan sekarang cita-cita itu terwujud, walalupun masih jalan pembuka. Saya juga masih ingat saat di teras rumah beliau, saya dan beliau tak jarang berbicara mengenai apapun. Saya juga masih ingat terakhir kali bertemu dengan beliau dan saya ingin mengulang waktu itu. Andai waktu dapat diulang, mungkin saya akan berlama-lama dengan beliau menghabiskan waktu sampai saya siap ditinggalkan beliau. Tapi, kenyataannya lain. Saat saya tiba di sekolah, tiba-tiba handphone saya berdering dan mendengar kabar dari Ibu kalau beliau sudah tidak ada. Saat itu, saya masih bisa menahan emosi saya. Namun, ketika saya berada di depan keranda jenazah beliau sampai melihat beliau dikuburkan, tangis saya pecah. Kadang, saya masih tidak percaya bahwa beliau sudak tiada. Lagi-lagi saya harus bisa menerima tamparan keras hidup. Entah berapa untaian kata lagi yang harus saya tulis untuk beliau di sini. Sepanjang apapun, itu tidak cukup untuk disampaikan kepada beliau.



Saat ini dan mungkin selamanya, saya hanya ingin bilang "I really miss you, eyang Mustarik."

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar